03 June, 2019

Harapan Pada Generasi Baru (Review Member Academy yang Berhasil Promosi)


Beberapa waktu lalu sudah diumumkan beberapa member Academy kelas A dipromosikan ke tim. Tim K3 menjadi tim yang paling banyak menerima kehadiran anak Academy dan tim J menjadi satu satunya tim yang tidak mendapatkan member Academy A. Naiknya beberapa member sudah bisa diprediksi seperti Tasya yang masuk ke K3 atau Lala yang bergabung di tim T. Bagi saya yang agak mengejutkan adalah masuknya Chika ke tim K3. Sebab selama ini Chika seringnya menjadi backup di tim J. Saya cukup senang dengan masuknya Gita dan Christy ke K3 sebab menurut saya K3 memang tempat yang tepat untuk menyalurkan energi mereka. Hadirnya Brielle di tim T juga akan menjadi daya pikat tersendiri. Berikut saya coba mengemukakan pendapat tentang semua member Academy A yang mendapatkan promosi.

1. Tasya


Awal melihat Tasya saya sempet mempertanyakan kenapa dia debut setlist secepat itu. Di tim K3 pula. Sebab di awal kemunculan generasi 6, Tasya bukanlah member yang menonjol. Penampilan perdananya di Saka Agari berantakan banget. Terlihat insecure dan tidak percaya diri. Mau pindah blocking aja harus lirik kanan kiri dulu. Gerakannya ga detail dan seadanya. Ekspresinya cuma dua, khawatir dan mikir. Namun seiring berjalannya waktu, perkembangan Tasya mulai terlihat. Rajin menjadi backup tim K3 membawa confidence tersendiri baginya, meski agak lambat sih bagi saya. Tapi saya cukup amaze sih dengan penampilan Tasya di Romansa Sang Gadis utamanya di unitsong nya yakni Tsundere. Serius, jadi cewe bodoh yang clumsy cocok banget buat Tasya. Apalagi sekarang dengan tingkat percaya diri yang sudah meningkat tajam, performnya makin enak buat dinikmati.
Saya harap dengan masuknya Tasya di K3 bisa makin meningkatkan rasa percaya dirinya. Akan ada banyak sekali pengalaman dan ilmu yang bisa diambil dari tim ini. Utamanya soal power dan detail gerakan.

2. Chika


TBH, saya gasuka banget dengan performa Chika. Saya nonton pas Chika shonichi di Idol no Yoake dan itu really a big no. Komentar saya cuma satu kala itu, plonga plongo. Bahkan keberadaan Chika di show tersebut bikin saya kesel. Gimana engga, sepanjang show, ekspresi yang ditampilkan sama; ekspresi bengong dan senyum terpaksa bahkan di lagu sangar dan sedih sekalipun. Terus ada satu part yang bikin saya kesel banget adalah pas lagu Arigatou dimana semua member nyanyi, dia bahkan ga membuka mulut sedikitpun. Satu satunya yang bisa sedikit saya apresiasi adalah dia gada kesalahan gerakan yang signifikan. Tapi setiap movement yang dia tampilkan itu berasa males banget; sembarangan dan asal banget. Saya masih positif thinking bahwa itu adalah efek shonichi semata. Di show show selanjutnya belum terlalu berasa progressnya. Masih plonga plongo tapi terlihat keras berusaha buat enjoy.
Saya ga kaget Chika masuk ke K3. Sebab menurut saya K3 itu tempat yang tepat untuk Chika push herself harder. Dengan image K3 yang kuat dan penuh tantangan harusnya bisa membuat jiwa kompetitif Chika naik. Karena menurut saya Chika itu punya potensi, cuma terlalu males untuk menggalinya lebih dalam dan keras.

3. Christy


Saya dari awal suka dengan Christy. Dia itu tipikal bocah yang semangat banget dengan daya ingin tahu yang tinggi. Hal itu tercermin dari gerakannya yang lincah dan berapi-api. Saya tertarik dengan ekspresi dia yang enjoy dan excited. Berasa banget dia menikmati setiap perform nya. Itu merupakan modal kuat yang dimiliki oleh Christy. Sebab ga semua member punya energi kaya gitu. Cuma kelemahannya adalah, Christy agak serampangan saking semangatnya. Powernya tinggi tapi ga terkontrol jadi ga berasa dinamika dan klimaksnya.
Christy cocok banget sih masuk K3. Energi dan curiosity nya yang tinggi bisa tertampung dan tersalurkan di tim ini. Saya yakin dia bisa mengimbangi power kakak-kakaknya. Cuma ya itu, kontrolnya harus lebih diperhatikan lagi demi mendapatkan movement yang estetik.

4. Gita


Saya ingat betul, dulu Gita itu sempat tertinggal dengan rekan-rekannya satu generasi. Dia adalah member yang terakhir masuk di Academy A. Awalnya saya biasa aja melihat Gita ini. Ya dia masuk karena ya yaudahlah masa ga naik kelas sih. Tapi Gita membuktikan semangat juangnya. Dia cukup cepat debut setlist dimana dia gabung bersama tim T dibanding beberapa rekannya. Aura Gita itu aura pembalasan banget sih. Kaya dia tuh menjadikan keterlambatannya naik kelas itu sebagai batu loncatannya sehingga berasa sekali kerja kerasnya. Performanya makin highlighted di Kagami. Tapi jadinya Gita cukup lemah di lagu lagu sedih. Too strong. Powernya Gita cukup tinggi namun ekspresinya kurang variatif. Saya berharap Gita bisa lebih detail sih untuk gerakannya.
Menjadi bagian dari K3 agaknya memang takdir Gita. Image Gita yang kuat tentu padu banget dengan K3.

5. Lala


Siapasih yang ga suka kak Lala? Aku hehe. Ga deh bukan gitu. Di awal kemunculannya Lala cukup mencuri perhatian dengan performanya yang outstanding dibanding yang lain. Gerakannya presisi dan padu dengan power nya. Ekspresinya jalan dan menarik. Tapi seperti kebanyakan orang yang jago di awal, semakin kesini saya merasa Lala gada perkembangannya. Ya bagus emang tapi gitu-gitu aja. Saya merasa Lala masih belum mengeluarkan semua kemampuannya. Masih ada yang disembunyikan. Sebab saya merasa perform dia itu serba nanggung. Powernya nanggung, movement nya setengah setengah, ekspresinya ga berkembang. Saya pengen liat Lala yang eksplosif dan ekspresif. Saya yakin banget Lala masih bisa mengeluarkan potensinya utamanya di power dan detail gerakan. Let me make it simple, Lala itu bagus tapi bagus aja ga cukup untuk seorang Lala. Lala harus outstanding.
Bergabung di tim T harus menjadi semangat baru buat Lala. Bahwa dengan dia yang gini gini aja tak akan bisa membawanya kemana mana.

6. Brielle


Saya tak terlalu amaze dengan perform nya Brielle. Ya biasa aja sih kaya anak yang diberi kesempatan latigan dance dan perform. Pas Temodemo saya suka ekspresinya. Secara performance, powernya masih kurang. Energinya juga ga terlalu berasa. Ekspresinya ya gitu-gitu aja. Biasa banget. Masih harus ditingkatkan di semua aspeknya. Saya berharap Brielle bisa lebih keluar karakter performnya dan daya gedornya. Tapi ya aura nya Brielle itu luar biasa sekali. Bahkan melihatnya saja saya segan.
Brielle bisa menjadi magnet baru di tim T dengan auranya yang kuat itu. Patut ditunggu perkembangannya.

Kesemua member yang mendapatkan promosi saya rasa memang merupakan pilihan yang tepat. Saya lihat,selain faktor sudah layak, juga ada faktor challenge disitu. Tergantung bagaimana masing-masing member berjuang dan berusaha di tim nya. Sebab mau tidak mau, merekalah harapan baru bagi tim nya untuk mempertahankan image atau merubah image tim. JKT48 masih layak kita tunggu perkembangannya.

-QT\/QU-
(@aprizqiani, 06/03/19)
Amelia Putri Rizqiani Web Developer

Morbi aliquam fringilla nisl. Pellentesque eleifend condimentum tellus, vel vulputate tortor malesuada sit amet. Aliquam vel vestibulum metus. Aenean ut mi aucto.

No comments:

Post a Comment