21 December, 2018

Tim K3: Tim dengan Performance Terbaik (HOAX?)


Buat yang sering nonton K3, pasti udah ga asing lagi kalo Yona bilang ingin menjadi tim dengan performer terbaik se Indonesia. Hingga JKT48 Re:boost bulan keenam ini, apakah epilog di setiap show Saka Agari sudah terwujud? Mari kita lihat review performance masing-masing member.

Acha: Bagi gue, Acha dan Natalia itu standard dan nyawa performance nya K3. Absennya Acha beberapa waktu lalu cukup bikin K3 kehilangan ciri khasnya. Acha sendiri itu punya movement yang enak banget. Ga dengan power yang membabi buta, tapi setiap detail gerakannya berasa ada nyawanya. Pas semuanya. Melihat Acha di Endroll, beneran gada lawan deh. Enjoy nya itu loh. Mungkin kalo bergerak dengan bagus, banyak member bisa. Tapi kalo bergerak dengan nyawa dan confidence yang luar biasa, itu cuma Acha.

Anin: Anin yang dulu yang cuma identik dengan adek gemes uda mulai berkembang. Sekarang, sebagai bagian dari JKT48 dance project dan penampil Endroll, kita bisa melihat sisi lain dari Anin yang unexpectable. Tapi di mata gue, movement nya Anin itu masih belum terkontrol. Semua anggota tubuhnya ikut gerak gituloh. Trus untuk urusan ekspresi, harusnya bisa lebih diperdalam lagi. Ekspresi galak itu bukan cuma menahan untuk ga senyum tapi bisa ditunjang dengan tatapan tajam. Anin lemah disitu. Matanya kosong.

Beby: Betul, Beby itu dancing queen. Gerakannya lentur banget. Meliuk-liuk gituloh. Tapi kalo gue pribadi gak terlalu suka dengan movement Beby dari bagian pinggang ke bawah. Jelek sih engga cuma ga estetik aja bagi gue. Ini soal selera ya. Ekspresinya Beby juga kaya banget. Gakan bosen liat Beby. Cuma kalo lagi error, tetep aja ya cengengesan tawa tawa di atas panggung.

Erika: Pendatang baru di K3. Melihat sepak terjangnya selama di Academy A, emang pantas Erika masuk ke K3 yang keras dan penuh tantangan. Power nya tinggi sekali dan ngaruh juga ke gerakannya. Gue ngelihatnya juga cape gitu. Bayangin aja baru lagu kedua, keringetnya uda menetes deras. Kesian akutu. Mungkin karena fokus di gerakan itu, ekspresi Erika jadi kaku banget. Antara kaku dan tertekan. Harusnya bisa lebih menikmati setiap performance yang dia coba tampilkan. Soal power gaperlu terlalu digeber, yang penting ga keliatan malas dan tetep enak dipandang.

Sisca: Agak takut juga nih gue kalo nge review Sisca. Ngegas cuy. Dan hal itupun ikut terproyeksi dalam setiap performance Sisca. Dalam setiap penampilan Mushi no Ballad nya, emosi nya bold sekali. Bahkan seringkali too bold bagi gue. Sehingga eskalasi emosi dan dinamikanya ga berasa. Kalo secara teknik nyanyi sih uda ga perlu diragukan. Untuk urusan dance, Sisca standard lah. Kadang masih suka ilang fokus trus kalo uda kaya gitu malah kaget sendiri. Belom bisa handle emosi sebagai performer saat di panggung. Trus movement nya juga kurang sungguh sungguh dan power nya agak lemah. Ya namanya juga penyanyi.

Rachel: Gue suka sama Rachel karena dia itu serius dan sungguh-sungguh. Keliatan dari power nya yang tinggi. Cuma untuk gerakan, masih kurang smooth, terkesan sedikit serampangan. Apalagi di Ai no Iro. Kalo kata temen gue, Rachel tomboy banget movement nya.

Desy: Postur ternyata amat mempengaruhi pergerakan. Desy contohnya. Kakinya yang panjang betul jadi keliatan ga indah kalo dia bergerak. Serba nanggung gituloh. Padahal gerakannya bener tapi ya keliatan aneh. Cuma kalo gerakannya ga rapet dan rumit, Desy sih cukup bagus ya. Ekspresinya juga lumayan kok ada bedanya untuk lagu dengan nuansa nuansa tertentu.

Nadila: Si serba bisa yang usahanya gausa ditanya. Gue kagum karena Nadila bisa semua jenis image dari yang lucu sampe yg fierce kaya di Dakishimeraretara sekarang. Cuma menurut gue, Nadila kadang ga pay attention to detail. Gue sering mergokin beberapa gerakan kecil di Dakishimeraretara yang diskip.

Natalia: Nah ini salah satu bentuk performer sempurna. Serius, total, dan presisi. Selain itu attitude dance nya juga enak. Gue paling suka gesture gesture kecil yang Natalia buat kaya kibas rambut, muka miring, atau hentakan bahu. Cuma ekspresinya suka monoton dan matanya ga intens.

Aurel: Basic dance nya Aurel itu ada dan bagus. Tapi terkadang ga semuanya dikeluarin secara maksimal. Masih ada malas malasnya. Kalo sekarang sih uda ga sering kaya gitu ya. Sayang aja, dia bagus tapi ga total. Tangannya aja lentik trus movementnya juga asyik tuh.

Viny: Si pekerja keras. Dan selalu keras kalo dance. Secara movement ga keliatan terlalu bagus, tapi power nya tinggi. Sehingga kadang kadang malah keliatan oleng. Ekspresinya tiada duanya sih. Selalu auto senyum kalo liat Viny senyum merem. Semenular itu.

Rona: Gue uda sering banget review Rona. Hampir di setiap show bahkan. Gue kasih tau aja nih, Rona itu susah banget dibilangin. Jadi walaupun gue udah kasih review berderet-deret, Rona gakan dengan mudah melakukan perbaikan. Review gue semenjak shonichi Believe soal kaki yang ga steady aja baru disadari dan diperbaiki pas uda mulai Saka Agari dan problemnya belum terselesaikan hingga kini. Overall, Rona mah bagus banget. Gue suka banget movement dan gesture narinya. Gue cuma pengen bilang sih ke Rona untuk mengeluarkan seluruh kemampuan dia. Soalnya kadang gue merasa Rona agak menahan standard performance nya supaya imbang sama yang lain.

Shani: Gue lagi merhatiin nyanyinya Shani akhir-akhir ini. Sebab gue mergokin Shani itu ga nyanyi tapi cuma mangap dan napas doang. Keliatan banget tuh. Menurut gue, meskipun lipsync, ya lipsync lah dengan serius gitu. Ga dengan mangap mangap doang. Movement nya bagus, power nya ada, tapi tatapan matanya sering banget kosong dan ga deep.

Gracia: Kaku. Sering dan bahkan selalu offbeat. Lambat banget movement nya. Padahal secara power uda bener tuh. Buat Gracia, emang harus dilatih bener bener soal tempo. Gerakannya dipertegas lagi. Dan buat ekspresi, lebih banyak liatin performer performer lain deh buat variasinya. Gue kadang ngerasa ekspresi Gracia di Dakishimeraretara kaya orang mabok soalnya. Mengubah raut muka doang tapi nuansa yang ditimbulkan ga berubah.

Naomi: Ai no Iro yang elegan tapi detail itu emang punya Naomi seorang. Bagus banget. Apalagi dengan muka sombongnya. Dance nya smooth  dan tertata. Ga terlalu powerful tapi ga lemes juga. Elegan.

Yona: Mau bilang apa, Yona emang yg paling lemah. Lompat aja malas. Padahal movement nya punya ciri khas loh. Tapi ya aneh hehehehe. Trus suka gampang banget terdistrak. Yona diliatin serius dikit aja pasti langsung salting dan salah gerakan.

Secara keseluruhan, gue setuju dan percaya diri untuk bilang kalo tim K3 memang tim yang perform nya paling mending dibanding dua tim lainnya. Tapi bagi gue, hal itu belomlah cukup. Gue pernah bilang perfect is boring, progress is challenging. Jadi jika tim K3 cuma menjanjikan perform bagus tapi gitu gitu aja, gue rasa title terbaik itu gakan bisa diraih. Harus ada progress, harus ada hal baru, harus ada energi yg selalu baru. Dan JKT48 emang harus punya K3!


21-12-18
@aprizqiani
Amelia Putri Rizqiani Web Developer

Morbi aliquam fringilla nisl. Pellentesque eleifend condimentum tellus, vel vulputate tortor malesuada sit amet. Aliquam vel vestibulum metus. Aenean ut mi aucto.

No comments:

Post a Comment