20 December, 2018

Tim J: Mang Ngapasi Kalo Idola Ngelawak?


Performance member JKT48 selalu bisa dipantau dari penampilan teaternya. Pertunjukan teater yang bisa dibilang cukup rutin merupakan ajang pembuktian dan pembelajaran. Utamanya bagi member tim J, tim yang katanya berisikan Ratu para Idola. Gue mencoba untuk mereview tiap-tiap member tim J. Gue cuma fans, sama kaya yang lain. Gue pernah lah beberapa kali menonton pertunjukan teater JKT48, ga cuma di setlist yang ditampilkan sekarang, tapi juga beberapa setlist sebelumnya. Kata orang, gue itu pemerhati detail, bahkan pada hal yang ga penting sekalipun. Nah, karena gue detail, suka komen, dan suka JKT48, makanya gue ngereview. Bukan mau sok-sokan, tapi gue mau menyalurkan kesukaan kesukaan gue itu hehehe.

Balik lagi, Emang iya Tim J itu Ratu Para Idola? Mari kita perhatikan tiap-tiap member.

Ariel: dari awal emang sudah terlihat menonjol sih dibanding rekan-rekan satu generasinya. Basic dance nya ada dan emang bagus. Power nya cukup tinggi. Cuma ekspresinya untuk lagu-lagu serius dan intens agak aneh menurut gue. Mungkin karena image nyablak dia terlanjur nempel, makanya jadi kocak kalau lagi muka marah, sedih, atau serius.

Cindy: Jagoan gue sejak pertama munculnya gen 4. Gerakan dance nya cukup presisi dan detail. Power nya ga eksplosif tapi enak sih buat dinikmati. Secara keseluruhan, bagus dan menarik perhatian

Yupi: kalo ngomong soal performance Yupi, selalu yg gue bilang adalah: offbeat. Bahkan Rona juga mengatakan hal yang sama pas baca surat di pertunjukan Saka Agari terakhir Yupi. Yupi sering banget offbeat, seringnya sih kecepetan dibanding tempo. Menurut gue itu karena Yupi bergerak dg ngapal, movement nya belum terlihat enjoy. Detail juga kurang terperhatikan. Di lagu Faint yg emang detailnya rapat, banyak gerakan yg kena skip. Tapi kesungguhan dan power nya patut diacungi jempol sih.

Della: Gue merasa secara performance Della mengalami penurunan dibanding dulu pas di K3 atau saat tim J masa kepemimpinan Shanju. Bahkan gue lebih suka movement Della di Faint dibanding Melody. Sekarang Della ga terlalu serius kalo perform. Masa uda hampir dua tahun bawain Tadaima masih ada salah blocking yang signifikan gitu sih. Ya agak disesalkan sih.

Diani: Dulu gue melihat Diani itu trainee yang paling bener perform nya. Tapi makin kesini, perform nya stuck alias gitu gitu aja. Sering keliatan bingung ama blocking nya sendiri, tengok kanan kiri nyontek gerakan. Fokusnya rendah banget, gampang terdistrak. Secara movement udah lumayan padahal, ga serampangan. Coba lebih tegas dan serius lagi.

Feni: Ga ada cape capenya emang. Power nya meletup sekali. Ciri khasnya adalah gerakan yang tegas dan patah patah. Tapi menurut gue, ga semua lagu harus dihajar dengan tegas dan meletup-letup seperti itu. Sometimes gerakan seperti itu bikin ga enak dipandang. Gue termasuk orang yang gasuka Feni di Junai no Crescendo. Ya karena tipe movement nya dia emang ga cocok buat lagu itu. Ga jelek, cuma ga pas aja. Buktinya pas UZA juga Feni keren banget kok.

Frieska: Kalo dulu pas di K3 gue bilang Frieska itu member dengan performa yang paling lemah. Pas di tim J, gue melihat Frieska lebih enjoy. Mungkin karena ga tertekan kaya di K3 hahahaha. Ya tapi secara performance belom ada progress yang berarti sih. Masih suka bingung sama blocking dan gerakan. Ekspresinya juga masih suka ga keluar dan datar aja.

Gaby: Salah satu top performance di tim J tapi agak kurang peka sebagai member tim. Soalnya Gaby sering banget nginjek dan nabrak temen satu timnya. Mungkin itu kali ya minusnya. Secara gerakan Gaby sih asyik banget. Serius dan total. Detailnya juga dapet banget. Mungkin itu ya saking serius sama gerakannya jadi ga merhatiin kaki kaki temennya. Ekspresinya juga variatif.

Michelle: satu yang gue inget dari Michelle adalah pas dia perform haru ga Kuru Made, posisi kaki dia itu jelek. Terlalu melebar. Tapi di luar itu, Michelle adalah performer yang cukup konsisten. Movement nya bagus Tapi gue melihat akhir-akhir ini ekspresi Michelle gak semenarik biasanya sih. Tidak terlihat berbinar seperti yg biasanya gue lihat.

Aya: Pas Pajama Drive gen 4-5 dulu, gue ngeliat tipe movement nya Aya mirip banget kaya Rona. Detail tapi ga meletup power nya. Tapi satu hal yg selalu dikagumi dari Aya adalah dia selalu serius dan beneran kalo perform. Bukan sekedar joget terus udah. Tapi virus buat menghibur orangnya nyampe banget ke gue. Kelemahannya mungkin suka too strong kalo lagi di momen-momen emosional.

Ikha: Sisa sisa keperkasaan Ikha di K3 masih berasa. Gue suka banget movement Ikha di reff Mr Kissman. Lentur tapi tegas. Sekarang agak terlalu sering becanda ngobrol dan ketawa di tengah-tengah joget yak. Hmm tak patut. Tapi gerakannya sih enak dan bertenaga.

Saktia: Duh gimana ya. Gerakannya kaku bener. Pas reff  Love Chase kocak banget gerakannya. Ekspresinya ga serius. Kalo di lagu sedih atau galak malah terlihat kocak. Ya namanya juga pelawak, mungkin begitu

Julie: Zaman dia masih trainee, gue pernah komen soal stamina dia yang buruk. Di lagu awal semangat bener, tapi udah masuk paruh kedua gada lagi tenaganya. Sekarang pun staminanya masih rendah sih, cuma Julie uda cukup pintar buat membagi rata tenaganya, jadi power nya konsisten dari awal hingga akhir show. Meski masih bisa dinaikin lagi itu. Kepekaan terhadap blocking juga belom terlalu bagus sih. Trus gue lagi merhatiin gerakan tangan dia di Haru ga Kuru Made. Telapak tangannya getar semua cuy. Padahal harusnya jemarinya aja. Perhatiin deh.

Shanju: Nih ya, gue kasih tau. Yang sempurna itu Shanju, bukan Shani. Semua aspek perform itu dimiliki oleh Shanju dalam high level. Ekspresinya performer banget. Palsu palsu gimana gitu. Tapi tetep enak dilihat. Kalo soal gerakan jangan ditanya lah. Power nya mantab, movement nya seksi dan khas. Wajib dicontoh oleh member baru.

Sinka: Sinka ini kegedean badan apa gimana ya hahaha. Setiap movement nya berasa berat gitu. Tapi ya lucu sih. Cuma lucunya itu ga pas menurut gue kalo di Haru ga Kuru Made. Tapi gemes gimana dong. Masih sering offbeat terutama pas Seifuku ga Jama wo Suru, suka kecepetan itungannya.

Stefi: kerja kerasnya patut diapresiasi dan ditiru. Dulu di K3 masih keliatan malu buat mengeluarkan kemampuannya. Masih sering ga pede. Padahal postur dan movement nya bagus banget. Junai no Crescendo nya mantab betul sih dengan muka sombongnya. Really a good job!

Tim J dari dulu selalu identik dengan sebutan Ratu Para Idola. Katanya sih tempat berkumpulnya para member terbaik. Ga salah. Tim J kini pun hadir dengan warna yang lebih fresh dan baru. Tim J yang ga pernah ngebosenin dengan lawakannya. Mungkin itu sih yang bener-bener membedakan Tim J dengan tim yang lain. Meski begitu, gue juga masih butuh progress performance dari member-member tim J buat lebih berkembang dan serius kalo perform.

Ya mang ngapasih kalo idola itu ngelawak, itu Tim J.
Tim J, one of a kind.


@aprizqiani
20-12-18
Amelia Putri Rizqiani Web Developer

Morbi aliquam fringilla nisl. Pellentesque eleifend condimentum tellus, vel vulputate tortor malesuada sit amet. Aliquam vel vestibulum metus. Aenean ut mi aucto.

No comments:

Post a Comment