05 May, 2019

Review Setlist Romansa Sang Gadis JKT48 Tim K3: Jatuh Cinta ala Tim K3




"Menikmati lagu nya tapi bayangannya bukan yang lagi perform di depan"

JKT48 bersama dengan tim K3 membuat gebrakan baru dengan membuat Produce Setlist yang melibatkan fans. Mulai dari pemilihan lagu, kostum, background LED, hingga detail kecil lainnya. Hal ini cukup menarik mengingat ini merupakan sejarah baru yang belum pernah dilakukan. Dan lagi-lagi, yang pertama ini dibebankan ke K3. 

Ekspektasi saya sendiri untuk setlist ini cukup tinggi ya. Harapannya tentu dengan adanya setlist ini bisa menaikkan hype K3 dan dapat meningkatkan penonton teater K3. Sebab tantangannya K3 cukup besar. Lihat aja, tim J punya Idol no Yoake, setlist yang sangat megah dengan marching band nya trus tim T punya Te wo Tsunaginagara yang nostalgic, bahkan Academy A pun membawakan Pajama Drive yang legendaris. Cuma tim K3 yang masih bertahan dengan Saka Agari nya, sehingga Produce Setlist diharapkan dapat mengimbangi hype tim lainnya. 

Hingga akhirnya diputuskan Romansa Sang Gadis sebagai judul setlist nya dan 16 lagu yang akan dibawakan dengan komposisi 10 lagu tim J dan 6 lagu K3. Absennya lagu tim T dikarenakan tim T belum memiliki setlist sendiri sementara Te wo Tsunaginagara yang merupakan setlist tim T lama masih dibawakan di teater.

Secara umum Romansa Sang Gadis ingin menampilkan sisi lain K3 yang ceria dan penuh cinta. Selama ini K3 identik dengan tim yang kuat, keras, dan intens. Sehingga Romansa Sang Gadis ini adalah tantangan tersendiri bagi mereka. Apakah K3 berhasil? Kali ini saya coba melihat performa mereka per lagu. Saya sudah menonton setlist ini 5 kali dari 6 penampilannya dari spot yang berbeda pula; standing biru, standing hijau, row 3 hijau, row 2 hijau, hingga VIP. Tapi inget ya ini pendapat pribadi boleh setuju boleh engga. Okesip. 

M01. NAGAI HIKARI
Saya setuju ini adalah lagu yang epik banget sebagai pembuka. Dengan rotasi member di bagian opening nya, cukup seru untuk diikutin dan dinanti. Hingga tulisan ini terbit (5/5) baru Yona, Viny, Sisca, Rona, Nadila, dan Aurel yang berkesempatan membawakan opening lagu ini. Saya sih berharap nya member underrated juga diberi kesemptan kaya Rachel, Indy, atau Acha. Shani juga boleh. Penasaran juga kan kalo Shani openmic dan sendirian. Secara performance masih cukup oke karena lagu ini bukan lagu yang susah baik dari sisi dance atau ekspresi. Menurut saya, dengan ekspresi cute dan manis cukup lah buat lagu ini dengan ga melupakan energi yang sampai ke penonton. 


M02. INSEKI NO KAKURITSU
Ini lagu bagus banget dengan energi yang tinggi ga cukup dengan senyum cantik doang. Kegagalan K3 mulai terlihat di lagu ini. Beberapa member cuma fokus di detail gerakannya. Keliatan banget ekspresinya ga lepas. Beby doang yang menyampaikan energi dan ekspresi dengan tepat. Lainnya ekspresinya template dan ga enjoy. Detail gerakannya pun ga sama per membernya. Hitungannya juga pada beda. Makin keliatan pas part keenam belas member sejajar, berantakan banget. Sama sekali ga kompak. 

M03. KIMI GA OSHIETE KURETA
Lagu cantik untuk member K3 yang cantik. Halah. Energinya ga berasa naik. Saya yang nonton ga merasakan itu. Ga excited. Padahal pas di Tadaima ini lagu tuh dinanti banget. Kalo mengutip kata teman saya @opek21, member tim K3 kurang gimmick di lagu ini. Lagu ini  bisa banget dimainin dengan centil, nge wink, atau dadah dadah secara random ke salah satu penonton. Senyum terpaksanya masih kelihatan, ekspresi berbinarnya missed, energinya ga nyampe lah intinya mah. Terus yang saya inget tuh kalo di tim J zaman Melody, reff nya itutuh pake lompat tapi di sini mereka engga. Yona sih ekspresinya cukup dapet tapi untuk gerakan ya tetep big no. Bahkan Shani yang manis aja ga bisa menyampaikan feel lagu ini. 

M04. BEACH SANDALS
Akhirnya lagu K3 dari setlist Seishun Girls. Saya cukup berharap lagu ini dapat mengembalikan energi dan feel nya K3, tapi tetep failed sih. Mungkin karena di tiga lagu sebelumnya diisi dengan lagu tim J, makanya untuk kembali ke mood K3 lewat lagu ini, anak anak K3 agak kesusahan bahkan untuk Viny, Nat, Acha, Nadila, Rona, Yona, yang pernah bawain lagu ini pun ga se enjoy dan semenarik dahulu kala. Ekspresinya gampang ditebak dan energinya sama sekali ga keluar. Keluar aja kaga apalagi nular. Bagian interaksi dengan penonton lewat bikin wave aja ga bisa menaikkan feel nya. Indy selalu ga penuh movement nya dan skip beberapa detail. Blocking juga berantakan banget. 

US01. HEART GATA VIRUS (YONA (C).VINY. DESY)
Saya agak menyayangkan ya dengan kemunculan lagu ini. Sebab menurut saya, lagu ini tuh uda sering banget dibawain. Kaya di konser konser juga ada lagu ini sering muncul. Tapi pemilihan membernya cukup menarik sih, dengan 3 member tertua yang dimiliki K3 (selain Rona). Ya Yona masih jelek movement nya dan Viny selalu bisa membuat orang ikut senyum kalo liat dia. Buat Desy saya masih berharap dia lebih enjoy dan keluar lagi ekspresi nya. Persepsi saya di unit ini adalah lucu sekaligus kocak. Berasa beda aja. Tapi masih bisa diterima kok. Seru sih seru.

US02. TSUNDERE (SHANI (C). ACHA. TASYA)
Kaget sih karena Shani yang manis dituntut untuk agak kejam sombong ngeselin di lagu ini. Berhasil? Engga, bagi saya. Shani cuma fokus di gerakan dan blocking. Ekspresi nya ga banget. Shani terlalu "putri" untuk jadi sesongong itu.  Saya suka banget dengan Acha di lagu ini. Dia memperlihatkan sisi anak kecil nya dan gerakannya cukup presisi, Ternyata cedera ga menghilangkan gairah dia untuk menari. Salut. Yang cukup menarik perhatian adalah Tasya. Saya cukup kagum dengan perkembangan Tasya. Meskipun detail gerakan dan kontrol powernya masih bisa ditingkatkan lagi. Ekspresi dia sebagai bocah bodoh, natural banget dah. 

US03. ARASHI NO YORU NI WA (GRACIA (C). NAT. RACHEL. INDY)
Agak bosen ya lagu ini muncul lagi. Sebab beberapa waktu terakhir ini lagu keluar mulu; Request Hour 2017, Believe K3, Theater no Megami oleh tim T. Lagu yang intens dan dark. Member yang mencuri perhatian saya di lagu ini adalah Nat dan Rachel. Nat emang uda ga diragukan lah ya dari segi dance. Saya suka dinamika power yang dibangun oleh Nat. Setiap movement dan hentakan dia juga enak banget. Kalo untuk Rachel, power nya tinggi dan eksplosif sekali. Tipe movement Rachel yang tomboy cocok di lagu ini. Akan tetapi saya mengharapkan Rachel untuk lebih terkontrol sih kaya semisal kakinya jangan ngebuka terlalu lebar atau gerakan meliuk yang terlalu tajam. Saya masih melihat problem yang sama untuk Indy yakni power tangannya yang kurang. Lagu ini kan butuh banget kekuatan tangan. Masih suka skip beberapa detail juga. Gracia sebagai center unit song terlihat amat berusaha keras. Pada akhirnya problem dia pas dulu di Endroll muncul lagi. Offbeat parah sih engga, tapi power nya tinggi, serampangan, dan kurang terkontrol. Saya melihat gerakan Gracia tuh agak berbahaya. Sumpah suka ngeri kalo tangan Gracia nyamber member yang di sebelahnya. Paling keliatan yang pas solo dance di bagian closing lagu. Dance nya itungannya rapat tapi ditampilkan ga terkontrol jadinya pusing liatnya. 

US04. KINJIRARETA FUTARI (BEBY (C). ANIN)
Lagi-lagi lagu yang pernah dibawain pas Believe K3 muncul lagi tapi dengan formasi yang berbeda. Beby dan Anin selalu membawakan dengan live alias openmic. Cuma, salah satu kelemahannya adalah soal tempo. Di kuping saya beberapa kali tempo mereka kejar kejaran gitu. Ekspresinya Beby keren sih. Merananya dapet banget. Anin belom bisa mengimbangi itu. Matanya masih sedikit ngambang. Tapi chemistry keduanya oke lah.

US05. HIMAWARI (RONA (C). NADILA. SISCA. AUREL)
Mungkin saya satu satunya orang yang nolak keberadaan Himawari di setlist ini kali ya. Menurut saya, lagu ini tuh uda terlalu sering dibawain. Sering. Banget. Dari zaman konser 2nd anniversary, konser luar kota, JKT48 circus, Believe K3, hingga sekarang, lagu ini tuh ga pernah absen. Apalagi Rona sendiri pun uda sering banget bawain lagu ini. Begitupun Nadila dan Aurel.
Saya juga satu satunya orang yang kayanya ga terima banget lagu ini dibawain oleh JKT48 akustik sementara fans fans yang lain kayanya semangat banget pas tahu JKT48 akustik bawain lagu ini. Argumen saya adalah, nyanyi dengan openmic adalah zona nyamannya Rona, Nadila, Sisca, dan Aurel. Memberikan mereka unit song yang nyanyi-nyanyi berarti tak memberikan kesempatan para member akustik untuk belajar hal baru, berkembang, dan membuktikan diri kalo mereka lebih dari sekedar penyanyi. Jadi untuk apa? Untuk menunjukkan kalo tim K3 punya member bersuara bagus? Ga guna, semua orang uda tahu. Yaiyalah, JKT48 akustik perform di luar lebih sering daripada tim K3 itu sendiri kok. Yang orang-orang belum tau adalah, Sisca dan Aurel yang segarang itu juga bisa unit song lucu, Nadila yang dance nya ga kalah bagus dari Dance Project atau Rona yang bisa segala jenis lagu. Sayang sekali, mereka tak dapat kesempatan itu.
Secara performance, berasa banget muak nya mereka terutama Rona dan Nadila. Padahal perform Rona di Himawari adalah salah satu favorit saya. Tapi Himawari nya Rona di Believe K3 lebih bagus bahkan daripada di sini. Cuma Sisca yang excited. Saya kurang merasakan cerahnya matahari di lagu ini. Kekuatan lagu ini ada di pandangan mata yang berbinar. Sementara mereka cuma fokus di tampil manis dengan senyumnya. Mereka tampil dengan openmic, ya emang harus kan? Di dua show terakhir keempatnya coba bagi suara pas reff tapi agaknya menurut saya kurang cocok sih.

M10. DARUI KANJI
Paruh kedua dibuka dengan lagu tim J yang melekat banget sama Yona, megane wa yappari Viviyona. Ekpresi K3 belom juga keluar. Energi nya belom juga naik. Semua member gada yang secara tepat mengeluarkan ekspresi tengil nan sombong. Kebanyakan cuma pasang muka diem tanpa senyum sedikit galak. Pada fokus di gerakan dan detail nya doang.

M11. KAIYUUGYO NO CAPACITY
Lagu ini sih keren dan K3 banget. Harusnya bisa dibawakan dengan bagus juga. Tapi ya engga juga ternyata. Berasa ada yang kurang. Power nya juga kurang naik. Permasalahannya bukan karena formasi K3 ini sih saya rasa. Sebab K3 pasca shuffle sudah pernah bawain lagu ini dan saat itu gada masalah. Tapi kenapa ya di Romansa Sang Gadis ini energi lagunya ga sama. Bahkan Rona yang dibilang jagoan di lagu ini pun melempem kalo dibandingkan pas SBgN. Ekspresinya ga intens sama sekali dan power serta detail gerakannya beneran turun. Kenapa ya.

M12. ONLY TODAY
Lagu permintaan rakyat katanya. Emang seru banget sih lagu ini. Harusnya sih bisa hype dan naik. Member K3 menginterpretasikannya dengan semangat berlebih dan power tinggi. Masih ga asyik juga ternyata. Gimmick nya kurang. Saya sebagai penonton merasa ga diajak larut dalam lagu ini oleh member tim K3. Bahkan saya ingetnya malah sama kissbye dan wink Shanju tau kalo di lagu ini. Lagunya enak tapi ga ditampilkan dengan enak. Jadi saya menikmati lagunya dan membayangkan Shanju bukan melihat perform K3 nya.

M13. YAKUSOKU YO
Lagu baper, akhirnya. Di lagu ini ga separah lagu-lagu sebelumnya. Feel nya bisa sampai. Haru sekali. Dan lagu ini menjadi amat emosional bagi saya pasca dipindahnya JKT48 akustik ke tim J. Makin sedih. Melihat satu persatu member K3 dari ujung ke ujung sambil menyenandungkan "jangan kau lupakan diri ini, janji ya!" bener bener bikin nyess buat saya. Oke ini sangat subjektif.

EN01. HONEST MAN
Ini seru sih buat pasca encore. Energi lagunya sendiri sudah cukup tinggi. Opening nya juga sudah se fun itu. Di lagu ini saya menyadari bahwa kayanya member K3 ga memahami dengan sungguh lirik lagunya. Saya ga merasakan rasa suka yang meluap luap dari performance mereka. Apakah mereka emang terlalu asyik sendiri dengan energinya hingga lupa buat membaginya ke penonton lewat perform? Entahlah. Saya sih kecewa.

EN02. BOYFRIEND NO TSUKURIKATA
Kaget sih tiba-tiba lagu ini ada di setelah encore. Kalo di SbgN kan ada di opening ya. Cukup seru sih soalnya banyak freestyle dan interaksi antar membernya. Tapi interaksi sama penonton nya kurang nih. Saya agak terganggu ya sama monolog "cinta itu" yang dibawain sama Beby dan Acha. Keduanya suka ga jelas gitu kalo ngomong part ini.

EN03. HIKOUKIGUMO
Sama halnya dengan Nagai Hikari di opening, Hikoukigumo sebagai penutup juga bagus untuk meningkatkan hype penonton dan membernya sendiri. Interaksinya dapet dengan saling melambaikan sapu tangan dan nyanyi bersama.

Secara keseluruhan saya cukup kecewa dengan setlist ini. Bagi saya Romansa Sang Gadis adalah kompilasi lagu bagus tapi ga padu dan menyatu dengan tim K3. Tim ini gagal membuat saya jatuh cinta melalui performance mereka. Mereka terlalu kuat dan kaku untuk jatuh cinta. Setlist ini ketolong lagu lagunya yang emang bagus. Jadi kalo diibaratkan, saya cuma mau mendengar setlist ini dan menolak melihat performance yang di atas panggung. Saya dengerin Orion tapi yang ada di kepala saya adalah binarnya Shanju dan bukan Rona yang di depan saya. Saya ikut nyanyi di Honest Man tapi referensi yang saya ingat adalah lincahnya Melody.

Saya mau bilang juga, Rona yang katanya salah satu top performer, jelek banget di setlist ini. Di lagu original K3 dia juga jelek. Saya paling kecewa pas lagu Kaiyuugyo no Capacity. Power nya turun, hentakan hentakannya ga keliatan, ekspresinya template dan mudah ditebak. Okelah, secara dance dan detail emang Rona tuh bagus banget. Tapi fokusnya cuma disitu, ga memperhatikan feel dan energi yang dikeluarkan untuk penonton. Problem yang sama juga untuk Shani. Viny malah bagus di setlist ini. Sebab air muka dia itu kn emang dari sononya tuh menarik dan bikin jatuh cinta ya. Auto senyum juga deh kalo ngeliat Viny senyum.Anin juga cukup mencuri perhatian. Sama hal nya kaya Viny, muka kekanakan Anin cocok untuk setlist ceria dan penuh cinta seperti ini. Beby juga membuktikan kualitasnya sebagai member generasi 1.

Tim K3 yang ingin menjadi tim dengan performance terbaik se Indonesia harusnya cepat menyadari hal ini. Sebab seperti yang sudah sering saya katakan, terbaik itu bukan cuma soal perform bener dan bisa menguasai dance sulit. Tapi menyampaikan energi dan feel tiap lagu dan setlist kepada penonton harusnya menjadi hal yang utama. Begitu kan tugas seorang performer? Semoga di show Romansa Sang Gadis pasca lebaran nanti persoalan setlist yang hambar, gada energi dan feelnya bisa segera teratasi. Mumpung masih ada Rona, Nadila, Sisca, dan Aurel. Saya percaya tim K3.

-QT\/QU-
(@aprizqiani, 5-5-19)











Amelia Putri Rizqiani Web Developer

Morbi aliquam fringilla nisl. Pellentesque eleifend condimentum tellus, vel vulputate tortor malesuada sit amet. Aliquam vel vestibulum metus. Aenean ut mi aucto.

No comments:

Post a Comment